Minggu, 14 September 2008

Teka-teki Imam Al Ghazali

Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya, lalu beliau bertanya :

Imam Al-Ghazali : "Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?"
Murid 1 : "Orang Tua"
Murid 2 : "Guru"
Murid 3 : "Teman"
Murid 4 : " Kaum kerabat"
Imam Al-Ghazali : " Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah MATI. Sebab itu janji Allah bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati ( Q.S. Ali-mran:185)

Imam Al-Ghazali : "Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini ?"
Murid 1 : "Negeri Cina"
Murid 2 : "Bulan "
Murid 3 : " Matahari"
Murid 4 : "Bintang-bintang"
Imam Al-Ghazali : "Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaran kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke msa lalu. Oleh sebab itu, kita harus menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama".

Imam Al-Ghazali : "Apa yang paling besar di dunia ini?"
Murid 1: "Gunung"
Murid 2 : "Matahari"
Murid 3 : "Bumi:
Imam AL-Ghazali : "Semua jawaban itu benar, tapi yang besar sekali adalah HAWA NAFSU (Q.S. Al-Araf:179) . Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke neraka".

Imam Al-Ghazali :" Apa yang paling berat di dunia?"
Murid 1 : "Baja"
Murid 2 :" Besi"
Murid 3 :"Gajah"
Imam Al-Ghazali : " Semua itu benar, tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (QS. Al-Ahzab ; 72). Tumbuh-tumbuhan, bintang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika ALLAh SWT meminta mereka menjadi Khalifah di dunia ini. Tapi manusia dengan sombongnya berebut-rebut menyanggupi permintaan ALLAH SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka karena gagal memegang amanah".

Imam Al-Ghazali : " Apa yang paling ringan di dunia ini?"
Murid 1 : " Kapas"
Murid 2 : "Angin"
Murid 3 :" Daun"
Murid 4 :"Debu"
Imam Al-Ghazali: "Semua jawaban itu benar, tapi yang paling ringan sekali di dunia ini adalah MENINGGALKAN SHOLAT. Gara-gara pekerjaan kita dan urusan dunia, kita tinggalkan sholat".

Imam Al-Ghazali : "Apa yang paling tajam sekali di dunia ini?"
Murid -murid dengan serentak menjawab : "Pedang"
Imam Al-Ghazali : "Itu benar, tapi yang paling tajam sekali di dunia ini adalah LIDAH MANUSIA, karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti dan melukai perasaan dan menyakiti hati saudaranya sendiri".

Subhanallah. ..semoga bermanfaat
Terima kasih untuk yang pernah dan selalu mengingatkan aku mengenai persoalan di atas, aku kadang-kadang masih melakukannya, mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan ALLAH SWT, amin.

Dikutip dari berbagai sumber

1 Comment:

Anonim said...

Baccarat: How to play baccarat - Wolverione
Baccarat can be played either online or in a 바카라 non-mobile mode. If your opponent is sitting on your dealer's left, you will hear 1xbet "baccarat is a 바카라 사이트 game that is

 




© 2007 Masjid Al Mukhlisin: Teka-teki Imam Al Ghazali | Design by Kolom Tutorial | Template by : Template Unik